Tingkatkan Pengetahuan & Kompetensi Untuk Beri Layanan Maksimal

Ketua PC IBI Bojonegoro Sujatmi

Ketua PC IBI Bojonegoro Sujatmi

Ketua PC IBI Bojonegoro Sujatmi SST MKes

Musim hujan telah tiba, selain menjadi berkah setelah musim kemarau berkepanjangan, namun juga memunculkan rasa was-was bagi warga yang wilayahnya menjadi langganan banjir. Ini pula yang dirasakan warga seberang Bengawan Solo, Bojonegoro. Setiap musim penghujan tiba, tempat ini tak luput dari terjangan banjir.

Mengantisipasi bencana banjir, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Bojonegoro tak berpangku tangan. Mereka pun bergabung dengan Satgas Tanggap Bencana yang dibentuk kabupaten Bojonegoro. Hal ini seperti yang diungkapkan Sujatmi, Ketua IBI cabang Bojonegoro.muscab-ibi-kab-bojonegoro1

“Satgas ini terdiri dari lintas sektor, ada dari dinas kesehatan, IBI, kepala desa, dan tokoh-tokoh masyarakat. Setiap musim hujan tiba, hampir 90 persen wilayah di seberang Bengawan Solo  selalu jadi langganan banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut Sujatmi menuturkan, satgas tersebut sebagai ujung tombak dalam penanggulangan dampak banjir, seperti penyakit menular hingga gizi buruk. Sebagai pihak yang selalu berinteraksi dengan warga, maka sudah sepatutnya jika IBI bergabung dengan satgas ini.

muscab-ibi-kab-bojonegoro2“Kita sudah sangat dekat dengan masyarakat jadi sudah menjadi kewajiban kita bergabung dengan Satgas Tanggap Bencana ini,” tegas wanita berusia 45 tahun ini.

Diakui Sujatmi, anggota IBI Bojonegoro cukup aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang bersinggungan dengan kesehatan lingkungan yang digelar kabupaten setempat. Maka tak heran jika masyarakat Bojonegoro cukup aware dengan bidan.

“Bisa dibilang kita adalah ujung tombak dalam mewujudkan kesehatan lingkungan, apalagi anggota tersebar hingga pelosok,” imbuhnya.

muscab-ibi-kab-bojonegoro3Menyadari peran penting IBI di tengah-tengah masyarakat, Sujatmi pun terus berupaya menyolidkan anggotanya. Ibarat kata ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Falsafah itulah yang selalu ditekankan Sujatmi pada anggotanya.

Pengetahuan dan kompetensi para bidan di Bojonegoro, lanjutnya, juga terus ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Hingga kini IBI Bojonegoro tercatat memiliki 600-700 anggota.

“Dengan anggota yang demikian banyak tentu tidak mudah membuat mereka selalu kompak, pasti ada riak-riaknya. Tapi kita kembali lagi kepada komitmen bersama agar riak-riak itu tidak menjadi besar nantinya,” simpul wanita asli Bojonegoro ini.

Ketua PC IBI Bojonegoro Sujatmi SST MKes

Ketua PC IBI Bojonegoro Sujatmi SST MKes

Riwayat pendidikan:

  • P2B lulus tahun 1992
  • D3 Kebidanan lulus tahun 2006
  • D4 Kebidanan lulus tahun 2007
  • S2 Manajemen Kesehatan lulus tahun 2010
  • S2 Magister Kesehatan lulus tahun 2013