Memilih Scrub Sesuai Jenis Kulit

Tidak ada komentar 941 views
ilustrasi bodyscrub

ilustrasi bodyscrub

Fungsi utama dari scrubbing adalah mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit sekaligus membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti lotion, pelembab, body butter, atau lainnya. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

Secara alami kulit beregenerasi selama 14 sampai 21 hari. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, ditambah gaya hidup yang tak bersahabat bagi kulit sehat, seperti terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi alkohol, merokok, dan sering lembur atau begadang, membuat regenerasi sel kulit tidak optimal. Bila ini terus dibiarkan, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati.Di sinilah kulit membutuhkan scrub.

Scrub bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Tapi, setelah itu, sebaiknya dioles lotion sesuai jenis kulit. Boleh juga memilih jenis scrub untuk kulit yang punya kebutuhan khusus, seperti pepaya untuk melembabkan, teh hijau untuk menyegarkan kulit lelah, atau wortel untuk membuat kulit segar.

Saat melakukan scrubbing, pastikan tidak ada luka yang terbuka atau terdapat luka baru, tidak ada luka bakar, dan tidak terdapat penyakit kulit, seperti eksem, rosacea, dan lainnya.

Adapun jenis-jenis scrub yang dapat dijumpai diantaranya green tea, susu, dan bengkoang.

  1. Susu

Susu memang cairan penuh gizi. Kaya akan berbagai vitamin dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain baik untuk dikonsumsi sebagai makanan, susu ternyata juga cocok untuk merawat kecantikan. Kandungan dalam susu seperti vitamin A, vitamin B, protein, dan Alpha Hidroxy Acids yang kaya manfaat itu juga bagus untuk menutrisi kulit.

  1. Teh hijau

Teh hijau (green tea) memiliki banyak kandungan partikel dan mineral yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Maka dari itu, teh hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu solusi alami jika ingin mencari cara memutihkan badan.

Selama ini, teh hijau dikenal bermanfaat untuk mencegah dan mengobati jerawat pada wajah dan badan. Namun, teh hijau juga sangat bermanfaat digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit, termasuk bagi mereka yang ingin memutihkan atau sekedar menjaga kelembaban alami kulit.

  1. Bengkoang

Bengkoang mempunyai fungsi menghaluskan kulit, mencerahkan dan mengangkat kotoran. Kenikmatan buah bengkoang bukan hanya bisa dicicipi lidah. Tubuh dan kulit bisa langsung merasakan sensasi khasiat buah bengkoang yang kini dipakai sebagai scrub pemutih kulit ini. (masruro)