Cara Penghitungan Satuan Kredit Profesi Bidan

pelantikan bidan Unair3

ilustrasi

Permenkes 1796 tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan pasal 5 menyebutkan bahwa sertifikat kompetensi yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan dan/atau pelatihan, serta kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan bidang tugasnya atau profesinya.

Partisipasi tenaga kesehatan tersebut dapat digunakan sepanjang telah memenuhi persyaratan perolehan Satuan Kredit Profesi (SKP). SKP selama 5 tahun harus mencapai minimal 25 SKP.

SKP adalah jumlah kredit partisipasi yang diperoleh bidan setelah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi bidan yang meliputi:
1.SKP Kegiatan Profesi
2.SKP kegiatan simposium/seminar (kognitif)
3.SKP kegiatan Workshop/Pelatihan
4.SKP Kegiatan Pengabdian masyarakat
5.SKP Kegiatan Pengembangan Profesi
6.SKP Kegiatan menyusun dan publikasi Karya ilmiah

Setiap kegiatan pengembangan keprofesian  bidan  akan diberikan  SKP  oleh  PP /PD IBI. Penghargaan  SKP  diberikan pada bidan yang telah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian tersebut diatas, diuraikan pada tabel di bawah ini: (jika kesulitan membaca, silakan download di sini…)

 

(jika kesulitan membaca, silakan download di sini…)

 

Sebagaimana diketahui, setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Inilah 4 hal yang menyebabkan STR tidak berlaku.

1. Masa berlaku habis
2. dicabut atas dasar peraturan perundang-undangan;
3. atas permintaan yang bersangkutan; atau
4. yang bersangkutan meninggal dunia.