4 Hal Ini Yang Menyebabkan STR Tidak Berlaku

Tidak ada komentar 12534 views
ilustrasi - 4 Hal Ini Yang Menyebabkan STR Tidak Berlaku

ilustrasi – 4 Hal Ini Yang Menyebabkan STR Tidak Berlaku

 

Setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Inilah 4 hal yang menyebabkan STR tidak berlaku.

1. Masa berlaku habis
2. dicabut atas dasar peraturan perundang-undangan;
3. atas permintaan yang bersangkutan; atau
4. yang bersangkutan meninggal dunia.

Dalam Permenkes 1796 tahun 2011 pasal 5 dijelaskan sertifikat kompetensi yang telah habis masa berlakunya dapat
diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan dan/atau pelatihan, serta kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan bidang tugasnya atau profesinya. Partisipasi tenaga kesehatan tersebut dapat digunakan sepanjang telah memenuhi persyaratan perolehan Satuan Kredit Profesi (SKP). SKP selama 5 tahun harus mencapai minimal 25 Satuan
Kredit Profesi.

Jumlah Satuan Kredit Profesi dari setiap kegiatan pelatihan, temu ilmiah dan kegiatan lainnya ditentukan oleh Organisasi Profesi berdasarkan:
a. materi dalam kegiatan tersebut;
b. penyaji materi/narasumber;
c. tingkat kegiatan lokal/nasional/internasional;
d. jumlah jam/hari kegiatan; dan
e. peran kepesertaan (peserta/moderator/penyaji).

Dalam berbagai forum atau media sosial, penerapan aturan jumlah 25 SKP selama lima tahun itu juga menimbulkan banyak pertanyaan. Apakah setiap tahun harus mengumpulkan 5 SKP sehingga dalam lima tahun berjumlah 25 SKP, atau angka 25 SKP itu boleh diambil dalam satu atau dua tahun saja, misalnya tahun pertama ambil 10 SKP kemudian tahun berikutnya ambil 15 SKP.

Selain jumlah SKP, hal yang paling banyak dibicarakan adalah mengenai besarnya biaya yang harus ditanggung bidan jika mengikuti seminar yang mempunyai nilai SKP.Meski seminar bukan hanya satu-satunya jalan mencari SKP.